Apa Itu SOP? SOP Atau Sesuka Hati, Pekerja Mana yang Lebih Kamu Pilih?


Mungkin Anda sering mendengar yang namanya SOP, tapi tau kah Anda apa itu SOP? Iya SOP (standar operasional prosedur) merupakan pedoman atau acuan tentang bagaimana suatu pekerjaan harus dilaksanakan. SOP ini pada umumnya berbentuk dokumen yang di dalamnya memuat tentang berbagai informasi serta langkah-langkah atau tata cara pengerjaan suatu pekerjaan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir.
SOP sendiri memiliki banyak fungsi, namun pada dasarnya fungsi SOP adalah sebagai pedoman atau acuan para pekerja untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Selain itu SOP juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi pada pengerjaan kegiatan selanjutnya. SOP sangat membantu bagi para pekerja baik pekerja baru maupun pekerja lama untuk mengetahui tugasnya agar dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien.
Dengan adanya SOP, maka diharapkan hasil atau produk yang dihasilkan dalam sebuah penegerjaan akan terstandarisasi. SOP dibuat tentunya sebagai aturan atau pedoman bagi seluruh unit pekerja mulai dari level tertinggi hingga level terendah. Dengan adanya SOP diharapkan dapat mengurangi kemungkinan kesalahan-kesalahan yang muncul akibat miskomunikasi atau miskoordinasi.  Untuk itu setiap perusahaan atau instansi yang mana membutuhkan banyak pekerja, tentunya akan sangat memerlukan adanya SOP.
SOP tentunya dikerjakan dengan tingkat ketelitian yang cukup tingga untuk meminimalisir kemungkinan munculnya kesalahan yang akan berakibat fatal. Untuk proyek yang besar, pembuatan SOP biasanya juga melibatkan perwakilan dari setiap unit pekerja. Nah SOP tentunya harus memenuhi beberapa prinsip diantaranya sebagai berikut:
1.    Kemudahan serta kejelasan, keselarasan, berorientasi pada pengguna, kepatuhan hukum serta kepastian hukum, dan pastinya harus mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi.
2.    Harus konsisten. Maksudnya SOP haruslah dilaksanakan oleh seluruh jajaran peker secara konsisten dari waktu ke waktu dan oleh siapapun serta dalam kondisi apapun.
3.    Harus komitmen. Maksudnya SOP harus dilaksanakan dengan komitmen penuh dari seluruh jajaran unit pekerja mulai dari jajaran level tertiinggi maupun level terendah.
4.    Adanya perbaikan secara berkelanjutan. Maksudnya pelaksanaan daripada SOP haruslah secara terbuka serta harus selalu adanya penyempurnaan-penyempurnaan guna memperoleh prosedur yang nantinya benar-benar efektif dan efisien.
5.    Bersifat mengikat. Maksudnya SOP haruslah mengikat setiap unit pelaksana dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.
6.    Setiap unsur punya peran yang penting. Setiap unit pekerja memiliki peran masing-masing dalam setiap prosedur yang distandarkan. Apabila terdapat satu unit pekerja yang tidak pelaksanakan perannya dengan baik, maka dapat mengganggu keseluruhan proses yang ada yang mana pada akhirnya akan berdampak pada proses penyelesaian pekerjaan.
7.    Terdokumentasi dengan baik. Nah setiap prosedur yang sudah distandarkan harusdi dokumentasikan dengan sebaik mungkin sehingga nantinya dapat dijadikan referensi bagi setiap yang membutuhkan.
Nah mengacu pada uraian diatas tentu SOP memiliki peran yang sangat penting dalam mensukseskan setiap pekerjaan. Iya dalam setiap pekerjaan tentu memiliki SOP dengan bentuknya masing-masing. Iya jika ada pekerjaan yang tidak memerlukan SOP, mungkin terdapat alasan-alasan tertentu seperti pekerjaan tersebut tidak memerlukan banyak pekerja, prosedur pekerjaan yang tidak terlalu rumit, dan lain sebagainya.
Iya meskipun bisa dikatakan pekerjaan tanpa SOP, namun sebenarnya tetap ada prosedur-prosedur tertentu dalam setiap pekerjaan, hanya saja mungkin tidak dibukukan secara tertulis layaknya SOP. Nah sekarang sudah tau kan apa itu SOP dan bagaimana pentingnya SOP? Tentu SOP merupakan standar operasional prosedur yang harus diikuti oleh setiap pekerja untuk dapat menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.