5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Air Cooler

Penggunaan perangkat pendingin ruangan termasuk air cooler semakin hari memang semakin marak. Tapi khusus penggunaan air cooler, tidak semua orang mengetahui cara yang tepat. Hal ini sebenarnya terbilang masih lumrah, karena air cooler yang merupakan produk pendingin ruangan baru di mana masyarakat masih belum familiar. Nah jika Anda sendiri belum familiar dengan air cooler, maka bisa di cek artikel tentang pengertian air cooler. Menggunakan air cooler memang tidak boleh sembarangan. Sebab ada hal-hal yang dilarang dan tidak boleh dilakukan saat memakainya. Berikut ini ada lima hal yang dilarang atau tidak dibolehkan saat menggunakan air cooler. 

1.    Menempatkan Pada Ruangan tertutup
Hal pertama yang dilarang ketika menggunakan air cooler yakni menempatkannya di ruangan tertutup. Penempatan air cooler memang memiliki pengaruh penting. Ini dikarenakan air cooler bukanlah seperti AC (Air Conditioner) yang memang punya komponen khusus kipas yang berada di luar ruangan. Kipas pada air cooler yang menyatu dengan perangkat membuat Anda harus menempatkannya di ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik. Penempatan air cooler di ruangan dengan sirkulasi baik juga dilakukan untuk menghindari udara yang terlalu lembab dari hembusan air cooler.

2.    Menyalakannya dengan Kondisi Air tangki Kosong
Berikutnya, hal yang tidak diperbolehkan saat menggunakan air cooler adalah menyalakan dalam keadaan tangki air kosong. Air cooler yang memanfaatkan air dingin pada tangki memang perlu selalu dipantau keadaannya agar selalu terisi. Bila kemudian tangki dibiarkan kosong tanpa air sedangkan air cooler dalam keadaan menyala maka hal ini bisa membuat perangkat pendingin ruangan tersebut cepat rusak. 

3.    Mendekatkan pada Perangkat Elektronik dan Logam
Bila Anda punya produk elektronik dan perangkat logam maka jangan sekali-kali mendekatkan air cooler pada perangkat elektronik dan logam tersebut. Hal ini dikarenakan saat air cooler yang didekatkan pada produk elektronik dan perangkat logam akan membuat produk elektronik dan perangkat logam tersebut mengalami kerusakan. Pengaruh uap air lembab dari air cooler diyakini menjadi faktor penyebab yang bisa menjadikan perangkat elektronik dan logam jadi rusak bila didekatkan dengan air cooler. Jadi pastikan penempatan air cooler yang jauh dari produk elektronik dan perangkat logam.

4.    Jangan Diarahkan Langsung ke Badan dari Jarak Dekat
Hembusan udara dari air cooler yang bersifat lembab memang membuat Anda harus tidak berada dalam jarak yang dekat. Jika badan kita terlalu dekat dengan hembusan air cooler maka bisa saja akan membuat kita masuk angin, demam dan bahkan sesak nafas. Hal ini terjadi karena hembusan air cooler yang mengandung uap air dan terbilang dingin. Jadi se-gerah bagaimana pun keadaan badan Anda, jangan sampai mengarahkan hembusan air cooler langsung ke badan.

5.    Membiarkannya Kotor
Terakhir, hal yang seharusnya tidak dilakukan saat menggunakan air cooler adalah membiarkan perangkat ini kotor. Kebersihan perangkat air cooler memang harus selalu dijaga. Selain dapat membuat awet, air cooler yang selalu dibersihkan dapat membuat kinerja air cooler selalu optimal. Dengan membuat air cooler bersih maka kesehatan kita pun akan selalu terjamin karena kualitas udara yang maksimal.

Demikianlah beberapa hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan ketika akan menggunakan air cooler. Untuk membuat air cooler selalu berdaya guna optimal serta tetap awet dan tahan lama Anda meang diharuskan tidak melakukan hal-hal yang dilarang tadi. Sedangkan bagi Anda pun yang sedang berencana membeli air cooler maka informasi di atas juga akan bermanfaat untuk dicermati.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.